TES PT CHAROEN POHPHAND DAN PT MEDION #jobseekeragain

 

sudah lama tak jumpa

Assalamualaikum Wr Wb
Setelah aku kerja selama 6 bulan di PT Bina Mentari Tunggal, aku ga pernah update-update lagi ttg kerjaan yah, hehe
Oke guys, aku uda resign dari PT BMT Subang dari awal September 2015 kemarin, dan sekarang ? 
hihi jobseeker again.
Oya selama aku jadi jobseeker aku banyak banget mikir nih, 
 - pengen usaha / bisnis
 - pengen kuliah S2
 - pengen jalan - jalan 
 - pengen nikah
 - pengen apa aja... hehe dan yang paling penting 
 - pengen punya kesibukan rutin yang menghasilkan uang

Uang emang barang yang cepet dateng dan cepet banget pergi. Nyarinya ? setengah hidup, hehe #lebay tapi emang buat nyari uang itu penuh perjuangan ! tinggal kita aja menikmatinya. Semua usaha pasti ada hasilnya ko.

Oya kemarin aku dapet info dari masku kalo ada lowongan tentang peternakan di UNDIP (Januari 2016). Langsung kan aku cussss buat lamaran dan apply deh ke kemahasiswaan FPP UNDIP. Berhubung aku jurusan Peternakan, jadi ya pas. Ketemu orang – orang peternakan juga disitu.

Selasa, 19 Januari 2016
@Ruang Aula FPP UNDIP, Semarang

Ada recruitment di kampus oleh CP. Apa hayo CP? Hehe


PT. CHAROEN POKPHAND INDONESIA Tbk

Perusahan yang bergerak dibidang Peternakan. CP ini menjual banyak produk, seperti yang kita tahu dia punya FIESTA (nugget, sossis, dll), DOC (anak ayam kecil2 itu loh Day Old Chick), pakan ternak, peralatan peternakan, jagung (agrobisnis), dll. Hehe banyak dah.

CP Januari 2016 ini membuka lowongan untuk :
-         Technical Servise (TS)
-         Purchasing
-         Marketing
-         Kimia Analis

FYI CP yang di UNDIP ini lagi buka untuk penempatan di Jawa Timur. Khusus Marketing ditempatkan di Jawa Tengah. Sisanya penempatan Jawa Timur semua. Kemarin tes tulisannya sih jam 9.00 tapi mulainya jam 10.00 dan ada seminarnya gitu.

TES PSIKOTES
Tesnya hanya 12 menit
Ada 80 soal klo ga salah

1 jam setelah itu langsung ada hasilnya, bagi yang lolos melanjutkan tes lagi. Khusus jurusan Peternakan ada Tes mengenai Peternakan dulu. Hehe

***berhubung ane ga lolos ane gatau selanjutnya gan, tapi kalo lolos langsung interview kayaknya, hehe


Kamis, 21 Januari 2016
@Ruang Aula FPP UNDIP, Semarang

PT. MEDION
Berbeda dengan CP, PT Medion ini bergerak dibidang farmasi peternakan. Medion menjual produk semacam obat, vaksin, peralatan peternakan, DOC (baru buka, dulu ga ada),dll. Kantor Pusatnya di Bandung.

To the point, enak, pengisian biodata kita (macem buat CV tertulis), trus langsung dibuka dengan presentasi company profil dan test.

Test psikotes dibagi menjadi 3 sesi.

1.   TEST KETELITIAN
a.    5 menit 130 soal
Ada 2 kolom soal dan apabila sama dijawab A, beda B.
Contoh :
123456789           B        123456798
PT ANGGREK      A       PT ANGGREK

b.    5 menit 10 soal
Soal bangun ruang
Contoh :

2.   TEST ANGKA
a.    10 menit 10 soal
Deret Angka
Contoh :
b.    15 menit 88 soal
Hitungan Sederhana
è Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, Pembagian, dll
Contoh :
1 x 4       = ....
99 + 123 = ....
80 : 10    = ....

3.   TEST LOGIKA
a.    15 menit 20 soal (klo ga salah)
Tes kesimpulan
Contoh :



b.    15 menit 10 soal (klo ga salah)
Tes seperti bangun ruang tetapi menggunakan logika dan perhitungan
Contoh :


Test dilakukan jam 13.30  – 16.30 WIB
Dan diakhirnya dikasih souvenir pulpen dari PT Medion,
terimakasih PT Medion
Wkwkk tumben test dikasih souvenir #barupertamakali

Okay cukup sekian ane sharingnya soalny belum ada kelanjutannya dari PT Medion (katanya 2 minggu lagi setelah tes). Doakan saja ya yang terbaik yang didapat. Amin

Oya lupa aku mencatat hal penting nih dari PPT PT Medion

Jadi bagi yang berminat di PT Medion, ini ada beberapa info yang menarik :
Setelah lolos dari Test Psikotes nanti ada tahap untuk interview HRD, interview user, interview direksi. Setelah itu lolos dan training (2 – 3 bulan)

SDP (Self Development Program)
-         New Employee Training Program
o   Program Orientasi Medion à nanti diajak berkeliling medion
o   Training Personel Lapangan à selama 2 – 3 bulan bagi yang bekerja di Kantor Cabang (KC)
o   Project Assignment à ada project ya seperti perbaikan system, dll
-         Employee Improvement Program
o   Coaching
o   Mentoring
o   Training
o   Project Assignment

Selama training kita ada di Kantor Pusat (KP) selama 2 bulan. Tenang aja tinggalnya ada di mess. Saat training ini yang dinilai :
-         Kehadiran
-         Objektif
-         Work behavior (attitude)
-         Kompetensi

Selama training juga kita mendapat :
-         Mess
-         Uang saku

Setelah lolos training maka kalian akan bekerja selama 1 tahun (semacam kontrak 1 tahun dahulu, baru nanti kalau bagus kerjanya akan menjadi permanent staff).

Kalo uda yang namanya permanent staff yang kalian dapatkan banyak banget :
-         Mess bagi yang di kantor pusat (tapi Cuma 2 bulan pertama aja untuk adaptasi dengan lingkungan)
-         Mess bagi yang di Kantor Cabang (klo ga didomisili, macem perantauan gitu loh)
-         Jaminan kesehatan, kecelakaan kerja
-         Tunjangan hari raya
-         Transpor pulang kampong
-         Rekreasi, olah raga
-         Tour 1 tahun sekali
-         Bonus prestasi
-         Tunjangan staff teladan (6 bulan sekali loh)
-         Kenaikan gaji setiap 6 bulan sekali
-         Pinjaman (bisa pinjaman buat beli HP, nyicil rumah, beli motor, nikah, dll)

Bayangin aja kalo kerja keras kita dapat gaji, tunjangan staff teladan, bonus prestasi (woooowwww banget deh!) bikin karyawannya semangat yah guys!

Jenjang karirnya juga mantab gan! Setelah jadi permanen staff kalo emang kerjanya bagus dan berkompeten, bisa jadi assisten manager, manager, dan bisa jadi senior manager.
Envy banget kan..hhihii yuks ah semangat! Apapun itu lakukan yang terbaik dan serahkan kepada Allah SWT.


Semoga bermanfaat …



66 komentar:

  1. halo kak mau tanya, waktu tes medion apakah cuma tes itu yg keluar atau ada lagi? trims hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Test medion yang pertama sih seperti itu yang aku dapat (2016) untuk jaga-jaga pelajari juga yang lain yah, soalny suka update soal2 gitu kan setiap perusahaan,,hhe

      Hapus
  2. Kak bsk aku ts user, gmn bisa share pengalamannya?

    BalasHapus
  3. Kak bsk aku ts user, gmn bisa share pengalamannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf banget baru tau ada komen,
      @ria nurrachmah : kalo TS User setauku tes awalnya sama2 kaya yg lain, tapi waktu wawancara biasanya ditanyanya lebih detail ttg peternakannya (belajar lg aja makul2 unggas kalo ke perusahaan unggas, klo ruminan ya belajar ruminan hehe kalo belajar semua sih lebih bagus)

      Hapus
    2. kalau aku anak teknik kimia kira" apakah waktu interview tetap ditanyain tentang unggas' kak?

      Hapus
  4. salam kenal mba, saya mau nanya lama tidak panggilan charoen pokpand. saya sudah apply tp tidak ada panggilan, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf banget baru tau ada komen,
      @hot news : mungkin kuota lowongan kakak sudah ada yang mengisi, coba saja ke perusahaan yang lain ka, misalnya Japfa, Cargill, CJ, dll

      Hapus
  5. ada yang udah tes komputer ga yang bagian administrasi? gimana dong soal2nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dulu pernah tes komputer di PT. BMT isinya sih disuruh ngetik surat (word), buat gaji (excel), sm buat2 tabel+grafik gt..hhe cuma gtw yah sama ato engga sm PT lain jaga2 aj sih pelajari rumus2 excel, cr buat surat, tabel grafik,. Hehe

      Hapus
  6. Kak, tes nya bahasa inggris gak? Aku agak lemah bahasa b. Inggris, menurut kaka bakal jdi kendala gak? Makasih bayak kak, mohon informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tes apa @dalilah? Maaf baru sempet bales, kalo phokpand kyny ga begitu kepake sih hhe slow gt..klo medion kyny bhs inggrisnya kepake deh..belajar2 aja say..

      Hapus
  7. kak kalo di medion boleh pake kacamata gak sih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf br bales ya..
      boleh aja ko, temen aku ada yang kerja di medion pake kacamata,,hehe

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. hai teh mau tanya :)
    ttehnya udah di terima di medion atau gimana nih?
    degdegan nih baru mau test
    huhu
    ijzah nnti di tahan ga sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay..hehe belum rezekinya di medion sih hhe semangat yah semoga yg trbaik buat km ��
      Ijazah kayaknya ditahan deh tp gapapa asal kita emg sungguh2 dan nurut kan ga bakal diapa2in hehe

      Hapus
  10. haaaalooo sy dr jkt bsk sy ada psikotest di ipb, kalau lolos itu akan di interview di bandung kah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga..tes apa dulu ni? Kalo Medion aku dulu psikotes di Undip Semarang. Klo lolos tes lagi, klo llos lagi interview deh (di Semarang), abs itu klo llos lagi baru deh interview d Bandung..
      Kalo yg pokphand aku dlu tes 2x..1 di jkt utara (daerah ancol) it lgsg psikotes, interview, klo OK lgsg tandatangan kontrak. Kalo yg ke 2 ak tes d Undip Semarang, tes psikotes dlu abs it br klo llos tes lg dan interview..

      Hapus
    2. Halo juga..tes apa dulu ni? Kalo Medion aku dulu psikotes di Undip Semarang. Klo lolos tes lagi, klo llos lagi interview deh (di Semarang), abs itu klo llos lagi baru deh interview d Bandung..
      Kalo yg pokphand aku dlu tes 2x..1 di jkt utara (daerah ancol) it lgsg psikotes, interview, klo OK lgsg tandatangan kontrak. Kalo yg ke 2 ak tes d Undip Semarang, tes psikotes dlu abs it br klo llos tes lg dan interview..

      Hapus
  11. Tes di ipb nya langsung ada hasilnya ato tunggu beberapa hari lagi ya?? Aku dpt panggilan tes minggu besok d ipb juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tes apa dulu ni? Menurut pengalaman sih klo tes di universitas biasanya langsung ada pengumuman gitu. Tapi tahap p1 yah, jadi awal biasanya ada tes psikotes nah hari itu juga dikasih tau hasilnya ato engga by email/web nya perusahaan tersebut..tp ga lama ko soalny prusahaan it lg butuh jd biasanya cpt ngasih info..
      Semangat yah
      Good luck buat semuanyaa smg lancar dan dpt yg terbaik 😊

      Hapus
  12. Maaf ka,saya kan tes kemaren lalu bbrp diantara saya trmasuk saya disuruh pulang dan menunggu 1 minggu,dan bbrp yg lain lanjut tes, itu gmn ya? Apa itu penolakan secara halus?

    BalasHapus
  13. Maaf ka,saya kan tes kemaren lalu bbrp diantara saya trmasuk saya disuruh pulang dan menunggu 1 minggu,dan bbrp yg lain lanjut tes, itu gmn ya? Apa itu penolakan secara halus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo sopia, maaf baru sempet bales..bisa jadi penolakan secara halus..atau mungkin memang sedang mengetes temenmu dulu, nah nanti disaat temen kamu menolak bisa jadi kamu diundang untuk tes lagi..

      Hapus
  14. Kalau saya buta warna bisa lolos nggak, tolong di bales

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung sm job yg km lamar sih, tp waktu saya daftar phokphan bagian admin ada tes buta warnanya..

      Hapus
    2. tergantung sm job yg km lamar sih, tp waktu saya daftar phokphan bagian admin ada tes buta warnanya..

      Hapus
  15. Kak. Klo boleh tau tes nya di pt.medion itu apa aja ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tesnya yg jelas psikotest dl, abis itu ke wawancara sih..wwancaranya ada dr psikolog sm user..

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. terimakasih banyak kak informasinya, sangat bermanfaat. insya Alloh kak, saya selasa ada tes psikotes di Pt. Medion, semoga apa yang kakak jabarkan disini berguna untuk saya dan yang lainnya.
    oiya kak, q berdoa supaya apa yang kakak pengen di atas terkabulkan,aamiin
    kak, saya udah lama ga belajar peternakan. materi perunggasannya ttg apa aja ya kak??hee biar persiapannya lbh mateng dipersiapkan dr sekarang.
    makasih banyak kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf bgt ima baru bales..aamiin makasih ya doanya..smg km jg lancar krjaannya..gmn? sdh ad kabar medion?
      unggas pelajari hal umum aja ya ky penyakit, produksinya, telor, daging, pakan hhe

      Hapus
  18. terimakasih banyak kak informasinya, sangat bermanfaat. insya Alloh kak, saya selasa ada tes psikotes di Pt. Medion, semoga apa yang kakak jabarkan disini berguna untuk saya dan yang lainnya.
    oiya kak, q berdoa supaya apa yang kakak pengen di atas terkabulkan,aamiin
    kak, saya udah lama ga belajar peternakan. materi perunggasannya ttg apa aja ya kak??hee biar persiapannya lbh mateng dipersiapkan dr sekarang.
    makasih banyak kak.

    BalasHapus
  19. Ka saya sudah interview dengan direksi di pt medion, untuk hasilnya itu biasanya keluar setelah berapa hari ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya sih 14 hari kerja..cm kalau lg butuh banget bisa lebih cepat dr itu..maaf ya br bls

      Hapus
    2. kak untuk interview dengan direksinya kira kira pertanyaannya seperti apa ya kak?

      Hapus
  20. Helo ka saya mau tnya, saya kan diundang test psikotest medion. Nah disuruh bawa ijazah kan yah.. Sedangkan ijazah saya belom keluar, tp saya sudah lulus. Cuma emang msh proses aja tuh ijazah nya.. Gpp gt saya belom bawa ijazah saya? Makasih ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp sih kayaknya..bw surat tanda lulus (skl) aja dl...
      maaf y br bls

      Hapus
  21. Helo ka saya mau tnya, saya kan diundang test psikotest medion. Nah disuruh bawa ijazah kan yah.. Sedangkan ijazah saya belom keluar, tp saya sudah lulus. Cuma emang msh proses aja tuh ijazah nya.. Gpp gt saya belom bawa ijazah saya? Makasih ka

    BalasHapus
  22. Kalau buta warna bisa masuk nggak. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo untuk medion setauku tidak bisa kak, soalnya ada tes buta warnanya

      Hapus
  23. hallo ka, gaji medion untuk s1 berkisar berpa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bgt ya baru bales
      untuk gaji sepertinya beda2 yah tergantung pengalaman dan lulusannya, tapi rata2 kalau untuk fresh graduate yang jelas gaji diatas UMR hehe

      Hapus
  24. ka kalo abis tes psikotest di pt medion itu langsung keluar hasilnya gak? trus biasanya ada apaan lagi ka setelah psikotes?

    untuk yg ditanya biasanya unggas sama ruminansia aja ya ka?

    BalasHapus
  25. Ka untuk yg jaraknya lebih dari 70km biaya ditanggung itu bener apa ngga sih ka? Aku dpt email katanya biaya di tanggung
    Makasih ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. berhasil ga kak psikotesnya? apakah benar ada penggantian uang transport buat yg lbh dr 70km? ��

      Hapus
  26. Kak aku tuh besok diundang seleksi ke Pt medion. Nah itu soal soalnya semacam apa aja ya? Soalnya aku jurusannya administrasi perkantoran ka? Tolong jawab ya ka

    BalasHapus
  27. Hello kak aku besok tes di pt medion. Doakan yg terbaik yaaa😍

    BalasHapus
  28. MbA saya tes medion setelah tes saya tidak termasuk orang orang yg Di suruh diam diruang tunggu Dan saya Di suruh pulang apa artinya saya gagal ?

    BalasHapus
  29. Bener gak sih kalau yang diundang test dari luar kota ada biaya transport dr medion??

    BalasHapus
  30. Mba ada panggilan tes pdikotes kah?

    BalasHapus
  31. Semoga tanggal 11 psikotes dan interviewnya saya lancar di PT medion, amin

    BalasHapus
  32. kak mau nanya kalo di pt medion nanti proses seleksinya sama gak ya , soalnya saya lulusan sma, kira2 proses seleksinya masih sama gk ?

    BalasHapus
  33. Thank kak sangat membantu, persiapan buat jum'at aku ada panggilan disana

    BalasHapus
  34. Kak itu 2 bulan training dpt salary ngga ya?

    BalasHapus
  35. Kak itu 2 bulan training dpt salary ngga ya?

    BalasHapus
  36. Kak itu 2 bulan training dpt salary ngga ya?

    BalasHapus
  37. Kak tgl 26 feb. 2020 aku tes psikotest kira kira nih tesnya di pt. Medion apa ya?

    BalasHapus
  38. Kaak mau nanya apakah ijazah ditahan?

    BalasHapus
  39. Terima kasih kak ini sangat membantu sekali

    BalasHapus
  40. Halo kak mau nnya utk psikotes di Pokphand itu kira2 apa aja ya kak? Waktunya berapa lama selama menjawab soal psikotes

    BalasHapus