NGURUS NIKAH (PART 2)



DAFTAR NIKAH DI SEMARANG


Bagi kalian CPW (Calon Pengantin Wanita) dan CPP (Calon Pengantin Pria) yang berlokasi di Semarang bisa banget nih disimak pengalamanku hhi yaaa ini mah cuma share aja yahh biar kalian ga mbulet mumet dewe kaya aku kemarin – kemarin hhi

Hal yang perlu disiapin dan penting banget dipelajari (menurutku yah):

1. Cari tanggal nikah (akad, resepsi) 

     Saran nih bagi yang suka hemat dan ga ribet. Pilih satu hari (akad dan resepsi langsung) karena lumayan beb ngehemat ongkos dekor, rias, dkk hhii tapi kalau tanggal baiknya beda dengan resepsi ya tidak apa - apa. Soalnya tiap adat beda - beda yah, ada yang nyari hari baik dulu hhi itu balik lagi ke kalian dan keluarga yang mau nikah, pokoknya dirembuk dulu baiknya gimana, karena nikah ga cuma 2 orang aja tapi juga "nikahin" keluarganya hhi maksudnya mendekatkan diri ke keluarganya, ke pemikiran keluarganya dkk lah 
          Oyaaa ada saran juga nih, sebelum kalian rembukan kalian tau gedung – gedung terdekat dari tempat tinggal kalian (terutama yg cewek yah hhee) dannnn tanggal gedung itu yang free. Contohnya aja Gedung Balai Diklat Srondol Semarang (Gedung Sasana Widya Praja BPSDMD Provinsi Jawa Tengah) ada webnya jadi ga perlu telefon kita tau gedung tersebut kosong/penuh ini linknya (http://infosewa.bpsdmdjateng.info/)



2. Tentukan jumlah tamu
          Jumlah tamu sekiranya berapa karena untuk cari gedung biasanya yang paling penting, itu gedung muat berapa orang hhii ga lucu kan kalo kalian ngundang 1000 undangan, tapi tempatnya ciut. Sumuk guys, hareudang :p



3. Cari Gedung Pernikahan
     Ini hal penting banget! kalo udah fix tanggal buru2 deh cari gedung, hhi kalo engga dibalik (cari gedung yang kosong nah baru nentuin tanggalnya hhi) Kalo mau nyari gedung jangan lupa kamu harus minta CP, harus tau fasilitasnya apa saja, sudah dengan pengamanan atau belum, sudah sama yang bersih - bersih belum hehe sedetail2nya deh klo nanya biar ga misscom

Berikut CP yang pernah aku hubungin
GEDUNG PERNIKAHAN SEMARANG :
NO
NAMA GEDUNG
CP
NO HP
1
DIKLAT SRONDOL
Bapak Purwanto
081 228 685 335
2
BALAI DIPONEGORO WATU GONG
Ibu Rik rik
081 325 771 965
3
POLITEKNIK ILMU PELAYARAN
Ibu Nuki
082 283 377 744
4
GEDUNG WANITA
Kantor
5
MANUNGGAL JATI
Kantor
6
MUSEUM RONGGOWARSITO
Kantor
7
GD. DEWARUCI AMNI
Pak Dwi
082 155 371 22
8
RIMBA GRAHA
Kantor
(024) 8444777
9
HOTEL PATRA JASA
Kantor
(024) 8414141
10
HOTEL GRASIA
Kantor
(024) 8444777
11
MASJID AGUNG JAWA TENGAH
Kantor
 (024) 6725412
12
AKADEMI KEPOLISIAN
Kantor
13
PENDOPO TAMANSARI BANYUMANIK


14
PRPP
Kantor
15
UTC CONVENTION HALL
Kantor
16
AULA BULOG
Kantor
(024) 8412290
17
TAMAN BUDAYA RADEN SALEH
Kantor
(024) 8311220
18
GD. KOPRI
Kantor
(024) 8412060
19
HOTEL SEMESTA
Kantor
20
HOTEL NOVOTEL
Kantor
21
VINA HOUSE
Kantor
(024) 8454000
Masih banyak lagi sih sebenernya, hehe bisa dicari digoogle klo kurang lengkap


4. Tentukan Budget
          Budget pernikahan harus sesuai dengan kemampuan kedua belah pihak ya guys, jangan dipaksa, dan sebisa mungkin saling bantu membantu. Apalagi kalau ada banyak acara (akad, resepsi, ngunduh mantu, dkk). Inget yahh “A Wedding Doesn’t Have To Be Expensive. It Has To Be Memorable” hehe


5. Cari WO (kalo butuh)

     Wedding organizer itu tugasnya ya mengorganize jalannya acara pernikahan, penting sih menurutku soalnya kadang kita kurang pengalaman dan udah ribet sama ini itu jadi kalo ada WO lebih terbantu lah, seenggaknya ada tempat curhat kalo ortu atau pasangan kita lagi sibuk hhi


6. Cari Vendor
     Vendor sebenernya kalo mau dicari banyak banget di internet atau ig. Kalau udah pake WO biasanya doi pny banyak channel jadi harga bisa lebih murah/kita bisa lbh tau mana vendor yang baik/kurang baik pelayanannya. 
     Saran sih klo vendor selain kamu dapet rekomendasi dari WO, kamu juga cari sendiri soalnya kadang keinginan tiap orang kan beda, keinginan sih biasanya tinggi tapi harus disesuaikan budgetnya.
     Buat list setiap vendor yang kamu cari, dikelompokkan
     Vendor pernikahan :
a.   Souvenir
b.   Undangan
c.   MUA (Rias)
d.   Catering
e.   Photo – Video
f.    Photobooth (klo butuh)
g.   Tenda
h.   Genset
i.    Entertainment
j.    Dekorasi
k.   Seserahan (ini mah tambahan hihi buat sendiri)
l.    Seragam (ini mah tambahan hihi buat sendiri)

*nanti aku kasih beberapa referensi yang dulu sempet aku cari

Jangan lupa list berapa harganya, bandingkan tiap vendor apa kelebihan dan kekurangannya.


7. Daftar Nikah ke KUA
Cepet – cepetan loh hhe soalnya kalau sudah melebihi kuota mau gamau tanggalmu ya harus berubah, hehe kalau di tempatku maksimal 4 hehe jadi bagi kamu yang nikah pada musimnya yaaaa jangan mepet – mepet klo daftar, kalau di KUA Banyumanik boleh ko H-3bulan daftarnya hehe

ini contoh syarat administrasi yang aku dapat dari KUA Banyumanik, Semarang :

NO
CPP
CPW
1
N1 – N4/N5
N1 – N4/N5/N7
2
FC AKTA KELAHIRAN / IJAZAH
FC AKTA KELAHIRAN / IJAZAH
3
FC KTP LEGALISIR
FC KTP LEGALISIR
4
FC KK LEGALISIR
FC KK LEGALISIR
5
PAS PHOTO
FC BUKU / KUTIPAN AKTA NIKAH ORTU
6
PERNYATAAN BELUM MENIKAH BERMATERAI
PAS PHOTO
7
REKOMENDASI MENIKAH (bila luar kecamatan)
PERNYATAAN BELUM MENIKAH BERMATERAI
8
AKTA CERAI/SURAT KEMATIAN (BAGI DUDA)
REKOMENDASI MENIKAH (bila luar kecamatan)
9
SURAT IZIN KAWIN DARI PIMPINAN (TNI/POLRI)
AKTA CERAI/SURAT KEMATIAN (BAGI JANDA)
10
IZIN PENGADILAN (berpoligami/kurang umur)
SURAT IZIN KAWIN DARI PIMPINAN (TNI/POLRI)
11
DPP 5 dari kelurahan yang diketahui kecamatan
IZIN PENGADILAN (kurang umur)
12
IZIN KEDUTAAN (bagi WNA)
DPP 5 dari kelurahan yang diketahui kecamatan
13

IZIN KEDUTAAN (bagi WNA)
14

FC SURAT KET. IMUNISASI TT dari Dokter/Puskesmas
15

FC SURAT KEMATIAN AYAH
16

SURAT KETERANGAN WALI (jika beda alamat/KK)
17

FC PBB terakhir

Daerah tempat tinggalku di Kelurahan Pedalangan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang

Ini urutan yang aku lakuin sendiri dengan keadaan CPP dan CPW beda kelurahan tapi satu kecamatan yah (CPP : Kelurahan Srondol Wetan, CPW : Kelurahan Pedalangan)


URUTAN DAFTAR NIKAH DI SEMARANG :
1.      Fotocopy Surat Pernyataan belum Menikah (minta ke kelurahan Pedalangan)

contoh yang aku dapat dr kelurahan Banyumanik hehe

2.      Isi Surat Pernyataan Belum Menikahnya (masing CPP CPW dan bermaterai 6000)
3.      Ke RT dan RW minta Surat Pengantar Nikah dan Sekalian TTD Surat Pernyataan Belum Menikah tadi
4.      Syarat – syarat dari KUA (tabel di atas) dilengkapi
5.      Kalau syarat sudah lengkap bisa ke kelurahan masing – masing untuk minta dibuatkan N1 – N4/N5/N7 (biasanya modin suka minta bayaran, hehe) kalau ga ada kendala, bisa ditunggu
6.      Kalau sudah dibuatkan cek dulu bener ga nama, alamat, pekerjaan, dkk nya
7.      Bawa 2 berkas (CPP dan CPW) ke Kecamatan Banyumanik deh minta dibuatkan DPP 5 (ditunggu 10menit-an jadi)
8.      Kalau semua yang ada ditabel lengkap cuuuusss deh ke KUA Banyumanik daftar nikah (Jl. Grafika No 2, no tlp (024) 76480247)

9.      Gratis kalau kalian nikah di KUA dan di hari kerja, kalau ga di hari kerja ya membayar hehee jumlahnya sudah ada diperaturan ko Rp 600.000,00
10.   Bayar ke Bank BUMN terdekat (aku dulu BRI), dapat billing langsung difotocopy yah buat arsip
11.   Balik lagi ke KUA untuk menyerahkan billing aslinya, dan nanti H-7 ke KUA beserta calon dan wali perempuan (Bapaknya yang perempuan) untuk cek berkas dan dikasih wejangan penghulu hehe
12.   Beres deh daftar nikahnya

8. Rapat dan Cek Berkala dengan dengan Vendor/WO kamu
Namanya mau nikah ya ribet. Ribetnya ini itu. , belum lagi kalau ada masalah, yaa banyak – banyak sabar yaaa..Bismillah kalau sudah diniati insyallah semua dipermudah,.anggep aja sebagai tantangan dan pembelajaran...


7 Hal yang ga boleh banget dilakuin saat membuat perencanaan pernikahan :

1. Menyepelekan anggaran/budget yang dibuat
2.   Tidak memiliki prioritas
3.   Terlalu banyak memilih dan membanding-bandingkan dengan pernikahan oranglain
4.   Menyepelekan jumlah tamu
5.   Memaksakan kehendak
6.   Memutuskan sendiri tanpa konsultasi dengan pasangan
7.   Tidak mendengar kritik dan saran dari oranglain 

1 komentar: